Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Koramil 1609-03/Seririt,bersinergi dengan pecalang desa adat turut serta pengamanan upqcara Pitra Yadnya.

Senin, 02 September 2024 | 11:39 WIB Last Updated 2024-09-02T03:41:30Z

Seririt, 1/9/2024 – Babinsa Desa Patemon, Serda Komang Nurjaya, melaksanakan pendampingan dan pengamanan upacara Pitra Yadnya atau pengabenan almarhum Pelda Purnawirawan I Nyoman Patrino di Banjar Dinas Kawan, Desa Patemon, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng, Minggu (1/9). Upacara tersebut dihadiri oleh perbekel, jero pemuput, kelian banjar, keluarga duka, dan sekitar 80 warga.

Suasana duka menyelimuti Banjar Dinas Kawan, Desa Patemon, saat upacara Pitra Yadnya untuk mengantar almarhum Pelda Purnawirawan I Nyoman Patrino ke peristirahatan terakhir. Almarhum yang meninggal dunia pada usia 65 tahun merupakan sosok yang sangat dihormati di lingkungannya. Kehadirannya selalu dirindukan oleh keluarga, kerabat, dan warga Desa Patemon. 

Prosesi upacara diawali dengan sembahyang bersama, dilanjutkan dengan pembakaran jenazah, dan diakhiri dengan upacara penyucian. Seluruh rangkaian upacara dilakukan dengan khusyuk dan penuh makna. Melalui upacara Pitra Yadnya, keluarga dan masyarakat berharap agar arwah almarhum dapat mencapai moksa dan mendapat tempat yang layak di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

Dengan upacara Pitra Yadnya yang khidmat ini, keluarga dan masyarakat berharap arwah almarhum dapat mencapai moksa dan mendapat tempat yang layak di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Upacara ini tidak hanya menjadi momen perpisahan, tetapi juga menjadi refleksi atas nilai-nilai luhur yang ditinggalkan oleh almarhum.

Dalam kesempatan terpisah Danramil 1609-03/Seririt, Kapten Inf I Putu Suratnya menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi pelaksanaan upacara Pitra Yadnya untuk almarhum Pelda Purnawirawan I Nyoman Patrino. Kehadiran TNI dalam kegiatan ini merupakan bentuk penghormatan kepada para purnawirawan yang telah berjasa kepada negara. Saya juga mengapresiasi kerja sama yang baik antara TNI dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan kelancaran acara. Semoga almarhum mendapat tempat yang layak di sisi Tuhan Yang Maha Esa." Tegasnya
×
Berita Terbaru Update