Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Dandim 1609/Buleleng Berikan Materi Pencegahan Intoleransi, Radikalisme, dan Terorisme di Hadapan 3.500 Mahasiswa PKKMB Undiksa

Jumat, 16 Agustus 2024 | 13:01 WIB Last Updated 2024-08-16T05:04:17Z

Buleleng, Bali -  Dalam rangka memperkuat pemahaman dan kesadaran akan pentingnya bela negara, Dandim 1609/Buleleng, Letkol Kav Angga Nurdyana, S.Sos., M.I.P, menyampaikan materi bertajuk "Pencegahan dan Penanggulangan Intoleransi, Radikalisme, Terorisme, serta Penyebaran Paham yang Bertentangan dengan Ideologi Negara" di hadapan 3.500 mahasiswa baru Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksa) dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).  Jumat, (16 /8/ 2024 ) di Gedung Auditorium Undiksa, Buleleng.
Dalam pemaparannya, Letkol Kav Angga Nurdyana menekankan pentingnya menanamkan nilai-nilai toleransi dan nasionalisme sebagai upaya pencegahan radikalisme dan intoleransi di Indonesia. Beliau  menjelaskan bahwa intoleransi adalah sikap atau perilaku yang menolak keberadaan perbedaan, baik itu dari segi agama, ras, etnis, maupun pandangan hidup, yang dapat berujung pada diskriminasi atau konflik. Sementara itu, radikalisme diartikan sebagai pandangan ekstrem yang berupaya mengubah struktur sosial atau politik secara mendalam dengan cara kekerasan.
Selain itu, Letkol Kav Angga juga membahas tentang ancaman terorisme, yang menurutnya adalah penggunaan kekerasan atau ancaman kekerasan untuk mencapai tujuan politik, ideologis, atau agama tertentu dengan cara menciptakan ketakutan di masyarakat. Ia menegaskan pentingnya peran seluruh warga negara dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah negara, terutama di tengah ancaman ideologi radikal yang terus berkembang.

Kegiatan yang dipandu oleh moderator Dr. Ni Putu Rai Yuliartini, SH., MH, ini juga diwarnai dengan pembahasan isu-isu strategis global seperti dampak perang Rusia-Ukraina, perang Israel-Hamas, hingga ancaman perang modern seperti proxy war dan perang pola pikir. Letkol Kav Angga mengajak mahasiswa untuk terus membangun kompetensi diri dengan tetap menjaga karakter jiwa Pancasila, dalam upaya menuju generasi Indonesia Emas 2045.

Dengan adanya materi ini, diharapkan para mahasiswa baru Undiksa semakin memahami hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara, serta memiliki kesadaran yang lebih tinggi dalam upaya bela negara yang dilandasi oleh cinta tanah air.
×
Berita Terbaru Update