Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Webinar Bela Negara bersama Dandim 1609/Buleleng di Fakultas Ekonomi Universitas Ganesha Singaraja

Jumat, 07 Juli 2023 | 14:30 WIB Last Updated 2023-07-13T01:46:18Z
Buleleng, Bali, 7 Juli 2023 -  Fakultas Ekonomi Universitas Ganesha Singaraja menyelenggarakan kegiatan webinar Bela Negara dengan tema "Merajut Persatuan Gaungkan Semangat Kebhinekaan Melalui Bela Negara." Webinar ini diadakan melalui Zoom Meeting dan diikuti oleh sekitar 30 orang.


Webinar tersebut dipimpin oleh Wakil Dekan 3 Fakultas Ekonomi  Agus Jana Susila, SE.M.B.A, dan dihadiri oleh narasumber utama Dandim 1609/Buleleng Letkol Kav Angga Nurdyana, S.Sos.,M.I.P.

Dalam pemaparannya, Dandim 1609/Buleleng menyampaikan materi seputar persatuan dan kesatuan kebhinekaan dalam Bela Negara. Beliau menjelaskan bahwa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia mengacu pada keberagaman budaya di Indonesia. Beliau menekankan pentingnya menjaga persatuan dengan tetap mengedepankan adat budaya Nusantara yang kaya.

Selain itu, narasumber juga menjelaskan tentang tiga pertanyaan mendasar dalam Bela Negara. Pertanyaan-pertanyaan tersebut mencakup apa yang harus dibela dari negara, mengapa negara harus dibela, dan siapa yang harus membela negara. Dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, narasumber mengacu pada UU No. 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan RI yang mengakui seluruh warga negara Indonesia sebagai subjek dalam pembelaan negara.

Dandim 1609/Buleleng juga menyampaikan berbagai ancaman terhadap pertahanan negara, baik yang bersifat aktual maupun potensial. Ancaman-ancaman tersebut meliputi militer agresi dan non-agresi, ancaman non-militer seperti terorisme dan radikalisme, serangan cyber, serta berbagai bencana alam dan lingkungan.

Dalam menjelaskan landasan yuridis Bela Negara, narasumber mengacu pada UUD 1945, UU No. 39/1999 tentang Hak Asasi Manusia, UU No. 3/2002 tentang Pertahanan Negara, UU No. 23/2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional, dan PP No. 3 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksana UU No. 23/2019.

Kegiatan webinar ini diakhiri dengan sesi diskusi yang melibatkan peserta webinar dan pemberian kenang-kenangan kepada Dandim 1609/Buleleng sebagai bentuk apresiasi atas kehadirannya sebagai narasumber  oleh  Wakil Dekan 3 Fakultas Ekonomi
×
Berita Terbaru Update