Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Rahina Tumpek Landep Peralatan dan Perlengkapan Kodim 1609/Buleleng di Upakarai

Sabtu, 03 Juni 2023 | 12:26 WIB Last Updated 2023-06-03T04:34:26Z

Buleleng, Bali - Tumpek Landep adalah salah satu hari suci dalam budaya Bali. Dalam bahasa Bali, "tumpek" berarti "memuja" atau "memberikan penghormatan", sedangkan "landep" berarti "tajam" atau "berkekuatan". Hari Tumpek Landep biasanya dirayakan setiap enam bulan sekali atau setiap 210 hari tepatnya jatuh setiap Saniscara Kliwon atau Sabtu Wuku Landep

Makna dari Tumpek Landep terkait dengan penghormatan dan keberkahan terhadap benda-benda yang berkekuatan dan tajam, seperti pisau, keris, senjata tradisional bali dan peralatan  lainnya yang terbuat dari logam atau besi. Pada hari ini, Sabtu tanggal 03/06/23 Kodim 1609/Buleleng melakukan upacara dan ritual khusus untuk memuja, membersihkan, dan memberikan berkah kepada semua benda-benda tersebut.

Kodim 1609/Buleleng, melaksanakan Tumpek Landep sebagai bagian dari upaya untuk menjaga dan merawat benda-benda logam yang digunakan dalam tugas sehari-hari. Tujuannya adalah untuk memohon keselamatan, perlindungan, serta energi positif yang melimpah agar benda-benda tersebut dapat digunakan dengan baik dan berfungsi sebagaimana mestinya dalam menjalankan tugas kemanunggalan dengan masyarakat.

Upakara Tumpek Landep yang dipuput oleh Jro Mangku PNS Rodenayasa mempunyai makna  pesan penting tentang tanggung jawab dalam merawat dan menjaga aset negara. Senjata, mobil, dan kendaraan dinas lainnya merupakan alat yang vital dalam mendukung tugas-tugas pertahanan dan keamanan di wilayah Buleleng. Dengan membersihkan dan merawat dengan baik, diharapkan benda-benda tersebut akan tetap berfungsi optimal dan dapat digunakan dalam situasi yang memerlukan.

Dengan melakukan persembahan, diharapkan hubungan yang baik antara manusia, benda-benda logam, dan alam semesta dapat terjalin dengan baik, dan upakara Tumpek Landep menjadi momen yang sarat dengan makna dan nilai-nilai spiritual. Selain menjaga dan merawat aset negara, kegiatan ini juga menghormati tradisi, dan mengaktualisasikan nilai-nilai budaya yang melekat dalam masyarakat Bali.

#Kodam_IX_Udayana#Korem163Wsa #TNI_AD #Puspen_TNI#infobali #infotni  #bersamarakyattnikuat
×
Berita Terbaru Update