Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

PENYULUHAN HIV/AIDS OLEH SATGAS TMMD KE - 115 Kodim 1609/Buleleng

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 21:27 WIB Last Updated 2022-10-31T12:40:11Z


PENYULUHAN HIV/AIDS OLEH SATGAS TMMD KE - 115 Kodim 1609/Buleleng

BULELENG - Dalam rangka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115 TA 2022 di Desa Giri Emas Kec.Sawan, Kab.Buleleng, Satgas TMMD melaksanakan kegiatan Non fisik dengan kegiatan Penyuluhan HIV/AIDS dengan Narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng, Ibu Sri Listyawati, S.KM., beserta Puskesmas Sawan 1 Desa Sangsit, Dr. Melinda Ruslim dan Penyuluh Kesehatan Masyarakat Puskemas Sawan 1 Desa Sangsit, Bapak I Komang Indra Irmawan, S.KM.,.Kamis/20/10/22

Kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Desa Giri Emas dihadiri oleh Siswa/Siswi SMP Negeri 1,2 dan 4 Sawan serta Karang Taruna Sekar Bhakti Desa Giri Emas.

Dengan didampingi oleh Pjs. Pasiterdim 1609/Buleleng Kapten Inf Putu Suradnya Petugas penyuluhan mengatakan bahwa HIV merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia sedangkan AIDS merupakan sekumpulan gejala penyakit akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh manusia yang disebabkan oleh virus HIV. Diharapkan melalui penyuluhan ini dapat menurunkan jumlah kasus baru, menurunkan angka kematian, menghilangkan stigma dan diskriminasi.

"Virus HIV AIDS dapat ditularkan melalui kontak cairan tubuh ( hubungan seksual, asi) dan kontak darah ( transfusi darah, narkoba, suntikan).

Lebih lanjut dikatakan, gejala klinis pada stadium AIDS dapat dideteksi dengan demam berkepanjangan lebih dari 1 bulan, diare kronis lebih dari 1 bulan berulang/ terus menerus, penurunan berat badan lebih dari 10 ℅ dalam 3 bulan, batuk kronis selama 1 bulan, Infeksi pada mulut dan tenggorokan, pembekakan kelenjar getah bening yang menetap diseluruh tubuh dan bercak gatal diseluruh tubuh.

Kelompok berisiko yang terkena AIDS yaitu Wanita penjaja seks, pelanggan penjaja seks, Pria penjaja seks, waria, Gay, Pengguna napza suntik, Tenaga kesehatan/pekerja laboratorium.
===============================
#Kodam_IX_Udayana #Korem163Wsa #TNI_AD #Puspen_TNI#infobali #infotni #bersamarakyattnikuat

 

×
Berita Terbaru Update